Laporan Hasil Uji Petik Pengawasan Program KKBPK pada Dinas PPKB Kab. Rokan Hulu


Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Rokan Hulu, bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Riau, mengadakan ekspos mengenai Laporan Hasil Uji Petik Pengawasan Program KKBPK, di Ruang Rapat lt. 2 DPPKB Kab. Rokan Hulu, Jumat (27/7/2018).

Kepala DPPKB Rokan Hulu, H Yulisman, SS. MM Membuka acara tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan Ekspos Laporan Hasil Uji Petik Pengawasan Program KKBPK yang dibawa oleh Bapak Mulya Darman, SE selaku Perwakilan dari BKKBN Prov. Riau.

Pengawasan Operasional merupakan salah satu sistem pengendalian yang dilaksanakan oleh aparat pengawasan fungsional di mana dimaksudkan untuk membantu kelancaran penyelenggaraan program Kependudukan dan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di setiap Kabupaten/ Kota. Untuk itu tim telah melaksanakan pembinaan, monitoring dan pengawasan di Kab. Rokan Hulu

Fungsi pengawasan semakin penting, karena merupakan alat kontrol   bagi pimpinan untuk mengambil kebijakan. Maka dari itu, agar kegiatan / aktifitas dalam suatu organisasi dapat berjalan sesuai rencana dan peraturan yang berlaku sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka diperlukan suatu kegiatan pengawasan.

Dengan tujuan :

  1. Memperoleh gambaran tentang pengelolaan program serta unsur penunjang,dan pemantauan sejauh mana pelaksanaan kegiatan dilakukan sesuai rencana yang telah disusun dan ketentuan yang berlaku.
  2. Mendeteksi sedini mungkin tentang kemungkinan adanya masalah -masalah baru yang perlu dibantu pemecahannya melalui saran/ rekomendasi agar dapat dipertanggungjawabkan secara benar sesuai ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Melakukan pembinaan kepada para pengelola program sesuai Sub Sistem yang berlaku.

Hasil Uji Petik Pengawasan Program KKBPK terbagi menjadi 2 Aspek yaitu Aspek Program dan Aspek Keuangan dan Perbekalan